Gunung Padang. The largest megalithic site in all of Southeastern Asia.


Situs Gunung Padang adalah situs prasejarah peninggalan kebudayaan megalitikum yang terletak di daerah Jawa Barat. Situs ini pertama kali ditemukan pada tahun 1914 oleh seorang peneliti kolonial Belanda bernama NJ.Krom lalu pada tahun 1979 situs ini ditemukan kembali oleh para petani (Endi, Soma dan Abidin) dalam keadaan tertutup oleh semak belukar.

Luas kompleks utamanya kurang lebih 900 m², terletak pada ketinggian 885 mdpi, dan areal situs ini sekitar 3 Ha, menjadikannya sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara. Punden berundak Gunung Padang ini terdiri atas 5 teras yang dibangun dengan  susunan yang berbeda. Pada masanya, diperkirakan penziarah melalui tahapan setiap teras, sampai pada teras kelima sebagai teras tertinggi dan dianggap paling sakral. Proses ritual didahului dengan mensucikan diri di kolam batu yang terletak di kaki sebelah selatan tangga.

Situs Gunung Padang ini tepatnya terletak di dusun Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Untuk menempuh perjalanan menuju situs tersebut tidaklah sulit, hanya saja memerlukan niat. Sudah lama saya ingin mengunjungi situs hanya saja belum kesampaian. Akhirnya, hal ini terwujud ketika salah seorang teman mengajak untuk ikut dalam one day trip ke Gunung Padang bersama dengan para peserta rombongan lainnya.

DSCF4791Perjalanan kami dimulai dari Jakarta pada pukul 07 pagi dan menempuh waktu + 3 jam untuk sampai di Stasiun Lampengan. Stasiun ini merupakan salah satu stasiun tertua di Indonesia, dibangun pada tahun 1882 dan saat ini sudah tidak digunakan. Kami berhenti sejenak untuk foto dan istirahat makan siang. Dari stasiun Lampengan dibutuhkan waktu +1 jam untuk menuju ke situs Gunung Padang dengan kondisi jalan yang cukup terjal dan masih banyak jalan yang rusak. Namun hal ini terobati dengan suguhan pemandangan kebun teh di sepanjang jalan.

Sesampai di lokasi, terdapat pos berisi informasi tentang penelitian gunung padang dan juga pemandu yang akan menemani perjalanan menuju puncak gunung padang. Ada dua pilihan jalur untuk menempuh perjalanan ke puncak. Pilihan pertama berupa jalur singkat namun terjal dengan kemiringan 65° dan pendakian sekitar 400 anak tangga. Sedangkan pilihan kedua berupa jalur landai dengan jarak tempuh yang lebih jauh dan pendakian sekitar 700 anak tangga. Semua terbayarkan dengan pemandangan sesampai dipuncak situs gunung padang.

DSCF4817DSCF4869

DSCF4877

DSCF4884

DSCF4882 DSCF4879DSCF4846 DSCF4818DSCF4816

Referensi : Wikipedia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.